Selasa, 14 Juni 2011

Tentang Dia (buku)


Asalammualaikum kamu - kamu semua

*ambil hape, klik sana klik sini, bikin playlists buat hari ini, dapet tiga lagu pertama dari White Shoes & The Couples Company (Windu & Defrina, Senandung maaf, Sabda Alam), lagu berikutnya dua lagu dari mocca (I Remember, Hanya Satu) dua lagu lagi dari Ten2five (My World Is Full With You, I will fly), cari lagi dan ketemu lagunya Andien (Pulang), Abdul& The Coffe Theory (Happy Ending), Adera (Lebih Indah), Citra (Everybody knew), Maliq & D’essentials (Mata Hati Telinga), Sheila on 7 (Sebuah Kisah Klasik) Tompi (Aku jatuh Cinta), selesai nyusun playlists, pasang headset, trus liat kearah kiri ada beberapa buku, ambil buku yang paling atas.
  
Oke klik tombol play dihape, lurusin kaki kanan yang disusul oleh kaki kiri, susun para bantal bersandar di dinding, meyandarkan punggung saya tentunya kebantal yang telah disusun dan setelah menemukan sikap sempurna menurut saya tentunya, baru siap Mulai membuka buku yang baru aja saya ambil, yaitu “5cm” judul bukunya,, ini adalah yang ke tiga kalinya saya baca buku ini, dan mungkin ini tidak terlalu penting juga di hidup kalian untuk tau berapa kali saya membaca buku ini, tapi coba kasih kesempatan kepada saya untuk memberikan beberapa alasan, mengapa saya bisa membacanya sampai berulang kali,

Alasan paling pertama adalah karna saya selalu ingin berada diantara Lima anak muda (Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta) yang menjadi tokoh sentral di 5cm, sangat menyenangkan hanya dengan membayangkannya saja mempunyai sahabat yang sangat luar biasa seperti mereka berlima, apalagi jika saya benar-benar ada diantara mereka, ya kira-kira awal cerita akan jadi seperti ini “ini adalah cerita tentang persahabatan enam anak muda yang menjadi tokoh sentral yaitu, Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta serta rindy *nyengir (sembari sangat berharap)”maaf Mr Donny bukan bermaksud menghancur leburkan cerita yang sudah ada, saya hanya berhayal, bener deh *nyengir sampai gigi kering, alasan kedua karna sampai yang ketiga kalinya saya membaca buku ini saya belum merasa bosan dan bahkan saya bercita-cita akan membacanya sampai sepuluh ribu kali, seratus ribu kali, atau bahkan sepuluh seratus ribu kali, *maaf berlebihan, dan alasan yang terakhir karna setelah saya menyelesaikan membaca 4 seri buku pak Haji Pidi baiq (Drunken Melon, Drunken Mama, Drunken Monster, Dan Drunken Marmut) saya belum ada buku baru yang bisa saya baca, jadi saya membaca ulang 5cm.

Dari cetakan pertama  ditahun 2005 buku 5cm ini, sampai dengan cetakan kelimabelas ditahun 2010, pasti sudah banyak diantara kamu-kamu semua yang sudah membacanya, atau malah sudah mengulang membacanya sampai puluhan, atau bahkan puluhan ribu kali atau malah ratusan juta kali. 
Jadi kalian pasti setuju sama beberapa kata yang ditinggalkan Mr Donny dibuku 5cm nya, misalnya tentang.. “kekuatan dan keajaiban mimpi dan keyakinan, dan kita tak perlu bukti dan hitungan bahkan rumus-rumus yang rumit untuk membuktikan keajaiban itu”, atau tentang “Setiap manusia memang diberi kebebasan untuk memilih, memilih di persimpangan kecil atau besar dalam sebuah “Big Master Plan” yang telah diberikan Tuhan semenjak kita lahir”, atau tentang “bagaimana jika semua yang ada didunia ini semuanya sudah pasti, tentunya kita semua ga akan punya mimpi karna semuanya udah pasti, dan apa jadinya? Jadinya ya kita hanya seonggok daging yang punya nama, bisa jalan-jalan dan berbicara, dan itu bukan sebuah kehidupan ” atau yang lebih-lebih tentang “ jika Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, dan kamu taruh disini, didepan kening kamu..jangan biarkan menempel, Biarkan……. dia….. menggantung…… mengambang…….. 5 centimeter….. didepan kening kamu,,jadi dia (cita-cita dan mimpimu) ga akan pernah lepas dari mata kamu (5cm-Donny Dhirgantoro)”……

Super sekali Mr Donny dan saya bahkan ga tau, harus bertapa di gua berapa lama atau harus hidup berapa ratus tahun dulu baru saya bisa mengeluarkan kata-kata seajaib itu dari mulut saya sendiri, dan ini lebih dari cukup untuk membuat saya berfikir tentang pentingnya cita-cita yang berawal dari mimpi, dan bayangkan jika semua orang didunia ini tidak memiliki mimpi dan cita-cita, mungkin tidak ada dunia seperti sekarang ini, dan bahkan tidak akan pernah ada orang yang berfikir untuk membuat si lappy kesayangan saya ini *memeluk dengan erat-serat-eratnya si lappy

Tertawa senang yang diakhiri dengan nyengir-nyengir sendiri yang selalu saya lakukan setelah baca buku yang satu ini, tapi ni ya kalo ngomongin buku yang luar biasa, saya jadi ingat ada lagi tulisan anak bangsa yang mempunyai pesan moral yang tidak kalah luar biasanya, tapi lagi-lagi ini menurut saya loh, yaitu Laskar Pelangi – Andrea Hirata, isi buku ini juga cukup membuat saya selalu berfikir, bahwa apa yang tidak kita miliki saat ini, tidak akan menjadi penghalang untuk kita mewujudkan mimpi dan cita-cita ..

Kamu-kamu semua juga harus buat daftar cita-cita dan mimpi seperti contoh diatas, agar kamu-kamu semua tau dan terpacu sama apa yang kalian semua cita-citakan.

*klik, tekan tombol stop dihape
Wassalam kepada kamu-kamu semua 

4 komentar:

  1. 5 cm ya,. aku juga pernah nulis tentang buku itu di blogku. tapi sudah lama,. tahun lalu rasanya.

    hemmm,. seneng juga ada temen yang sama-sama suka buku itu. aku punya buku itu sejak kuliah rindy, tapi sudah baca sejak SMA. dan kemarin (hari senin) pas jalan-jalan ke gramedia, aku liat buku itu masih ada di deretan best seller. malah ada beberapa tambahan di cover depan dan belakang yang semakin luar biasa.

    sudah berapa kali baca?? jujur kukatakan lupa. tapi ada lah sampe lima kali. bahkan lebih malah. dan gak pernah bosan baca buku itu. terus dan terus, 5 cm akan selalu ada dihati, selalu menemani setiap langkah untuk mewujudkan mimpi-mimpi.

    keep dreaming sistaa :D

    *kalo yang buku kedua aku gak setuju. entah kenapa aku gak terlalu suka laskar pelangi. lebih asik sang pemimpi. hehe

    BalasHapus
  2. waw,,super sekali mae,,dan buku ini juga ga kalah super karna, bener kata kamu, karna sampai sekarang pun, buku 5cm masih jadi best seller.

    nah kalo laskar pelangi yang bagus itu pesan-pesan yang ditinggalin si penulis

    ya kan balik lg, tulisan ini murni menurut saya loh, dann ga ada paksaan buat setuju. sekali lagi makasih lo mae, selalu berpartisipasi dalam setiap cerita saya.ahah

    BalasHapus
  3. trimakasih kembali rindyy :)

    oia,. aku mo tanyak ni sebenernya. nama kamu yang betul itu miladika rindy ato rindy miladika??? #bingung #gakpenting :P

    BalasHapus
  4. hahaiiii,kayaknya kalo ga salah inget menurut KTP si RindyMiladika..eheh

    BalasHapus