Minggu, 20 Maret 2011

Saya, Mamah, dan Sang Mesin Cuci

Assalamualaikum kamu-kamu semua..

Ternyata untuk tulisan saya yang kedua ini, saya ga kasih judul “Tulisan kedua saya” kenapa?? Karena saya lagi mau cerita tentang “Saya, Mamah Dan Sang Mesin Cuci”.....
Pagi itu kira-kira hari sabtu tanggal 19 maret 2011, singkat cerita itu terjadi hari ini. saya bangun pagi karena saya merasa laper, jadi cepet-cepet bangun dong buat ambil makanan di meja makan , tapi..


saya terkejut *terdengar suara seperti disinetron-sinetron kalo orang lagi terkejut ternyata ga ada satu jenis makanan pun diatas meja, yampun..


saya terkejut bukan kepalang, karena biasanya makanan selalu ada diatas meja walau hanya sekedar tahu goreng atau tempe goreng atau sambel yang kayanya si juga digoreng, tapi lagi-lagi itu semua ga ada dimeja makan satu pun, berfikir lah saya kenapa bisa ga ada makanan sama sekali diatas meja, tapi sebenernya buat apa saya berfikir susah-susah, lebih baik saya tanya langsung aja ke mamah..

Saya   : “mah, mah.. makanan diatas meja pada kemana mah??” karena saya Tanya,   jawab lah si mamah
Mama : “emang kamu….” belum sempet mamah lanjutin omongan nya
Saya   : “yampun” saya terkejut untuk kedua kalinya

karena apa?? Karena saya liat si mamah berdiri diatas tumpukan pakaian kotor, yang (bukan nya berlebihan ni) banyak buanget, sampe susah gitu saya ungkapkan dengan kata-kata (nah ini baru berlebihan). Karena dipenuhi oleh rasa penasaran yang sangat tinggi..Tanya lagi lah saya..

Saya   : “kok bisa sampe segitu buanyak nya mah??”
Mama : “Sang Mesin Cuci ngambek! Jadi udah seminggu ga nyuci, ya ga heran lah cucian nya jadi sebanyak ini”

Ga heran?? saya mendadak merasa kan apa yang dirasakan sama Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan waktu ada masalah penumpukan sampah di kota Bandung, saya juga mendadak mau tanya langsung sama Beliau beserta para jajarannya kalo perlu, untuk tau gimana cara mengatasi penumpukan sampah, biar saya juga bisa mengatasi penumpukan pakaian kotor dirumah saya. Haduuuuhh mendadak lagi perasaan jadi ga enak, dan “waaaallaaaa* bergaya seperti salah satu chef disalah satu acara masak-memasak disalah satu stasiun TV swasta” saya benar..si mamah tiba-tiba mengucapkan kata-kata yang sangat mengejutkan saya..



Mama: “eh malah bengong! Buruan ganti pakaian terus bantuin mamah!”
maksudnya ganti pakaian disini, ganti pake seragam khusus buat nyuci! Yang udah banyak bolongnya dan sangat ga layak pakai, pakaian itu udah lama ga ada yang pake, sejak ada si super hero “Sang Mesin Cuci”. Nah sebagai anak yang baik, dan didorong oleh pikiran kalo ga nyuci hari ini nanti saya kuliah ga ada pakaian buat dipake, akhirnya saya berubah *jreng jreng berlaga layaknya super hero yang ada di TV-TV misalnya Saras 008.. (haha super hero jaman kapan itu..maaf buat yang ga tau tentang super hero yang satu ini).

yang tadinya pake sepasang pakaian tidur yang ada gambar kelincinya (eh kelinci apa beruang deh tu, saya lupa) jadi pake seragam yang udah disediain khusus sama mamah ku tersayang buat mencuci (mencuci disini ga melulu harus mencuci pakaian, bisa juga mencuci piring dkk, motor, sepatu, bahkan akuarium kalo perlu).
Akhirnya duduk juga saya diatas jengkok (biasa orang rumah saya bilang begitu, jengkok semacam bangku pendek dan kecil yang terbuat dari kayu) dan berhadapan langsung sama tumpukan cucian yang menurut saya sih ga kotor-kotor amat, tapi wangi apeknya lumayan lah bikin nafsu makan ilang (weh ngomongin nafsu  makan, saya jadi lupa kalo saya tadi bangun karena laper dan pengen banget makan). Dan kita pun mulai bekerja, mamah buka suara buat bagi tugas..

Mama  : “mamah yang ngucek, kamu yang bilas ya!!” ini intonasi nya lebih ke nyuruh,bukan bertanya
Saya    : “siap bos”

Semua pakaian kita pisah-pisahkan sesuai kelompok nya, kita membaginya menjadi 5 kelompok,
kelompok pertama  :  baju yang berwarna putih,
kelompok kedua     :  pakaian dalam,
kelompok ketiga     :  kaos/baju (selain warna putih),
kelompok keempat :  celana (dalam arti sebenarnya),
kelompok kelima    :  daster mamah (ini yang saya bingung ngapain coba dipisahin kan    bisa digabung sama kelompok tiga).

Satu demi satu pakaian pun mamah kucek dan saya bilas, ga lupa pake pewangi pakaian yang sekali bilas itu loh, karena harus saya akui itu salah satu yang sangat membantu pekerjaan kita. Kelompok pertama selesai langsung dikeringin (kayanya Sang Mesin Cuci merasa kasian sama kita, jadi dia ga ngambek seutuhnya, dia membiarkan pengering pakaian nya masih bisa dipake). Setelah dikeringin dijemur. Lanjut ke kelompok kedua, sama juga kaya kelompok pertama dikeringin sama Sang Mesin Cuci terus dijemur, sampe kita pada kelompok kelima, ga seperti kelompok pertama yang masih semangat-semangatnya, tapi kita ga patah semangat,kita tetap nerusin nyuci dan setelah melawati berpuluh-puluh tumpukan pakaian kotor..

AKHIRNYA..*soundtrack: we are the champion 

“We are the champions, my friends
And we'll keep on fighting till the end
We are the champions
We are the champions
No time for losers
'Cause we are the champions
Of the world

Sambil mengangkat cucian terakhir dan teriak “yeeeesssssssssss Akhirnyaa” kamu-kamu semua harus tau rasanya bisa menyelesaikan tugas mencuci ini tuh sama seperti saya ikut menyelesaikan tugas Negara dengan ikut bertanding dan ikut menang bersama Tim Garuda waktu melawan Malaysia dengan score 5-1. kamu-kamu semua ga akan menyangka karena saya sampai mengeluarkan airmata, mungkin kamu-kamu semua pikir saya berlebihan, tapi saya benar-benar menangis membayangkan kalo Sang Mesin Cuci ga berenti juga ngambeknya, saya ga sanggup kalo harus nyuci begini setiap minggu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat surat buat Sang Mesin Cuci.

To: Sang Mesin Cuci

          Assalamualaikum..
Saya tau mungkin kamu marah sama kita semua dirumah, karena kita semua sering kasar sama kamu, mukul kamu kalo tiba-tiba kamu ga mau muter, nendang kamu kalo kamu berisik, ngupilin kamu kalo lagi ga punya kerjaan karena lama nungguin kamu ngeringin cucian, tapi itu semua kita lakuin karena kita sayang sama kamu ci, emang kamu mau nanti para tetangga ngomongin kamu, kalo kamu tuh mesin cuci yang jelek, berisik, ga trendi, ga pantes deh jadi mesin cuci. Makanya kita melakukan semua itu biar kamu sadar. Kita semua yang ada dirumah khususnya, sangat berharap kamu ga ngambek lagi wahai Sang Mesin Cuci karena kita sangat sayang dan sangat  membutuhkan kamu lebih dari yang orang lain bayangkan. Mudah-mudahan setelah membaca surat ini kamu sadar dan ga ngambek lagi sama kita semua. Peluk, dan cumbu mesra
Wassalam..
                                                                        WithLove,Rindy                  

Wah setelah menulis surat buat Sang Mesin Cuci, tiba-tiba saya ingat kalo saya tadi belum juga makan, karena rasanya makin laper, akhirnya saya memutuskan untuk menggoreng telur dadar (buat para pria diluar sana, ga usah khawatir karena buat menggoreng telur yang didadar saja saya cukup ahli kok). Okeh makanan siap dan saya berdoa sebelum makan "Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaar" dan ga lupa saya juga selipin doa buat Sang Mesin Cuci “ya Allah mudah-mudahan Sang Mesin cuci ga ngambek lagi setelah dibawa kedokter nanti, dan dia bisa sembuh seperti sediakala”. Aminn

Dan saya mulai makan..
Wassalam kepada kamu-kamu semua..

4 komentar:

  1. buahahahahha... orang gilaaaa!!! lebay mampus lo no!!

    kaya nya udah mulai ketularan h.PIDI BAIQ ni!

    BalasHapus
  2. ahahaha, tapi beneran ruth, rusak mesin cuci dirumah..coba bayangin kalo saya tiap minggu harus nyuci pakaian yg segitu banyaknya.hadeeehhhh

    BalasHapus
  3. Wuahahaha asli nih anak koplak..parno parno :p

    asikk udah punya blog..rajin-rajin posting yah dan promosi..like this banget..

    BalasHapus
  4. hehei, koplak?? bunyi koplak-koplak dong kalo saya lagi jalan.

    haha, saya mau posting tentang kalian ah

    BalasHapus